penghuni jembatan pejaten


Jembatan penyebrangan di depan gedung Philip Pejaten itu ada penghuninya. Seorang wanita lusuh berdaster batik. Setiap hari kerjanya hanya duduk melamun di salah satu pojokan jembatan. Terkadang, wanita itu juga kerap duduk di tengah jembatan dengan kaki menggelayut ke bawah.

Hampir setiap hari gw bertemu dia. Dan gw takut sama dia. Pokoknya takut dengan semua orang yang punya kelainan jiwa. Apalagi wanita itu suka banget ketawa-ketawa ngeliatin gw kalau gw lewat di depannya. Huhu... perasaan nggak ada hal yang patut ditertawakan dari diri gw deh? Ngapain coba dia ketawa-ketawa gitu (Jiaaah.. namanya juga orang gila, boy!!). Dan yang paling bikin gw maless banget untuk lewat jembatan itu karena tuh wanita sering banget duduk selonjoran, ngangkang ngalangin jalan. Huh.. kalau gw nggak sengaja nginjek kaki dia bisa digaruk gw sama dia.

Sebenarnya ingin pinggir menghindari wanita itu dengan naik busway dari halte yang lain. Tapi jalannya pasti memutar dan lebih jauh. Halte busway pejaten adalah rute terdekat dari rumah gw, walaupun sebenarnya bisa juga ke departemen pertanian.

Nah, dua hari yang lalu rasa takut gw memuncak. Gw memutuskan untuk menaikin jembatan dari sisi kanan. Normalnya gw naik dari sisi kiri, yaitu gedung Philip. Kali ini terpaksa turun dari M36 di depan kantor Republika dan jalan lumayan jauh menuju depan Islamic Culture Center. Selama menyusuri jalan earung buncit itu gw ngeliat ke sisi kiri jembatan dimana wanita gelo itu biasa bernaung. Tapi ternyata dia tidak ada. Gw liat lagi di sisi kanan jembatan, dia pun nggak ada. Waduuh... kemana perginya dia? (lha.. kok malah nyariin?)

Dan ketika kaki ini mulai menapaki satu persatu tangga jembatan Pejaten, JENGJENGJENG... hwaa... ternyata ada dia di situ. Tertawa memandangiku!! Mati.. panik gw! langsung aja pura-pura nelpon temen. Jiaah... ternyata dia bersembunyi di pojokan. Anjriitt.. kebetulan banget (walaupun gw nggak percaya kebetulan), saat gw menghindar, dia mengejar.. (halaaah....).

Untung, selama wara-wiri di jembatan itu, gw nggak pernah sekalipun ganggu dia, dan dia pun nggak pernah (jangan sampai) ganggu gw!! Cuma sebatas senyum gpp siy, cuma kalo keseringan serem juga!! hehehe...

Sebenernya gw kesian sama dia. Kalau dilihat dari tampangnya, dia belum masih tergolong muda. Sayang, nggak waras. Huhuhu.. gw jadi ngebayangi gimana hidupnya di atas jembatan itu. Kalau malam tidurnya gimana? kalau mau poep gimana? Mau mandi gimana? Terus kalo dijahatin orang gimana? ya ampunn... miris banget deh nasibmu mba..??

Gw jadi berpikir, emang di Indonesia nggak ada lembaga yang mengurusi orang-orang dengan penyakit mental ya? Di tampung di suatu tempat terus di sembuhkan? Bukannya dalam UUD 45 ada peraturan yang mengatur itu ya? Huh.. lagi-lagi cuma jadi peraturan yang tidak apa penerapannya.

*foto: http://starlounge.celebs.nl.msn.com/index.cfm?objectid=11499&startrow=1&imagenr=1

Comments