my english is very bad :(


'kayaknya aku akan sulit mengerti apa yang kiky bicarakan deh. Bahasa inggrisnya nggak bagus,' kata Jon Turner, mantan pacar teman saya si eneng Anda.

Jon mengeluarkan pernyataan itu waktu Anda berniat menjodohkan gw sama Jon. Penolakan yang menyakitkan. Udah ditolak, pake diembel-embeli komentar kalo bahasa Inggris gw jelek.

Gw ga sakit hati apalagi kemudian benci yang namanya pria aneh bergaya oldskul. Pertama, emang gw ga ada perasaan apa-apa sama Jon. Dia sih asik (mungkin menurut Jon ga asik karena dia akan teriritasi dengan bahasa Inggris gw) untuk ngobrol masalah jurnalistik(Jon itu editor di Phnom Penh Post dan jayus-jayusan soal Star Wars. Kedua, SAYA AKUI MEMANG BAHASA INGGRIS SAYA BURUK (tapi bahasa Belanda saya bagus). Komentar Jon memang kenyataan. Jadi ga ada alasan untuk marah.

Ja..ja.. Sekali lagi gw ngaku kalo bahasa Inggris gw buruk. Dari jaman SMP sampai kuliah, gw ga pernah serius mempelajari bahasa global ini. Untuk informasi ya, nilai bahasa Inggris gw di STTB atau NEM (gw lupa kepanjangannya apa?) adalah yang paling rendah. Waktu kuliah PDPT Bahasa Inggris gw cuma dapet C+. Nah, kako tes EPT skor awalnya 430 naik menjadh 480. Hehehe.. Bodoh banget ya gw :p

Sekarang, tepatnya setelah lulus kuliah gw baru sadar betapa pentingnya bahasa Inggris. Kerja di dunia jurnalistik membuat gw harus membaca berita berbahasa Inggris dan menterjemahkannya. Kadang kala juga suka ada penugasan untuk mewawancarai orang bule dalam bahasa Inggris.

Kemudian, Pertemanan gw sekarang sudah lebih global. Saya punya banyak teman dari berbagai penjuru dunia. Dan mereka mayoritas berbahasa Inggris. Mau tak mau gw dipaksa untuk menggunakan bahasa tersebut.

Alhamdulillah, karena sering menggunakan bahasa itu, ya ada sedikit perbaikan. Kosakata sudah lumayan banyak dan grammar.... Eum yang terakhir ini gw belum yakin kalo udah meningkat. Sepertinya masih buruk.

Berkaca pada hal tersebut gw sekarang termotivasi untuk semakin giat mempelajari bahasa ini. Rajin membaca novel berbahasa inggris dan belajar gramatika dari buku yang boleh gw pinjam dari teman.

Pokoknya target gw tahun ini TOEFL gw harus di atas 550. Harus kerja keras untuk bisa mewujudkan mimpi gw pergi melanjutkan sekolah ke Belanda. Ya.. tahun depan GW HARUS SEKOLAH KE BELANDA!! HARUS!!

Hwaa.. semalam waktu Skype dengan si Italiano, gw ga sengaja typo. Niatnya mau nulis I'm wearing.. jadinya I'm weraing. Trus digodain deh, dia sok-sok typo dan sengaja tanya ke gw spelling bahasa Inggrisnya benar atau enggak. Huh..

foto: www.schoolplaten.com/kleurplaat

Comments

  1. Bilang ama si Jon! lo bisa bicara bahasa apa lagi sih selain bahasa inggris? *ikutan tersinggung*

    ReplyDelete

Post a Comment