HELP! This Song Is Stuck In My Brain!!

I got a pocket, got a pocketful of sunshine.
I got a love, and I know that it's all mine.
Oh. woah..

Dari tadi pagi saya terus menyanyikan lagu Natasha Bedingfield berjudul Pocket Full of Sunshine. Ini gara-gara saya menonton film Easy A.


Sekitar bulan lalu, saya mendapat softcopy film remaja yang diperankan oleh Emma Stone. Di film itu terdapat adegan dimana Olive [diperankan oleh Emma] mendapat sebuah kartu plus selembar uang US$ 5. Menariknya kartu itu bisa menyanyikan lagu reff Pocket Full of Sunshine ketika lipatannya dibuka.

Begitu membuka kartu dan mendengarkan lagu tersebut, Olive berkomentar:

"Euuw.. The worst song ever!!"

Akan tetapi, lagu yang Olive hina dina itu justru nempel di otaknya dan membuat dia terus menyanyikan lagu itu.

Kocak banget deh liat adegan ini. Saat Olive nyanyi lagu ini berkali-kali di segala suasana. Waktu mandi, pakai kutek dan saat bersih-bersih.

Saya pun ketularan si Olive. Jadi suka sama lagu ini. Ketika saya iseng menonton film ini, saya langsung mengunduh lagu yang aslinya dinyanyikan oleh Nathasa Bedingfield. Dan saya setengah hari ini sudah joget-joget sambil menyanyikan:

"Take me away... a secret place... the sweet escape... take me away.."

Pastinya bukan cuma Olive yang mengalami hal ini. Ngaku deh kita pernah juga dibuat "gila" oleh sebuah lagu yang awalnya tidak kita suka.

Kalau saya jujur mengaku!! Sering banget mengalami kejadian ini. Dulu, ketika ada acara karokean dengan teman-teman jurnalis, ada wartawan Okezone [sebut saja namanya Kapten Jono] yang menyanyikan lagu Armada berjudul Cinta Buta.

Saya nggak pernah suka sama Armada. Lagu-lagunya Melayu dan mendayu. Makin nggak suka dengan vokalisnya yang gayanya alay. Rambut dijabrikin dikombinasi dengan headband.

Meski tak suka, tapi saya tahu lagu dia berjudul Mau Dibawa Kemana?. Inipun gara-gara pernah dinyanyikan dengan versi yang ciamik oleh Citra Idol.

Sehari setelah acara karokean, saya terus teringat lagu itu. Apalagi di acara musik macam Dahsyat dan Inbox, video klip lagu Armada ini sering diputar. Maka, saya terkena virus Cinta Buta. Dimulai dengan menyenandungkan lalu menyanyikannya.

Kenapa ya bisa begitu??

Saya coba cari tahu alasan ilmiah mengapa sebuah lagu bisa nempel banget di otak kita. Banyak yang sudah melakukan penelitian tentang sindrom yang dinamakan earworms.

Ada yang mengatakan setelah mendengar lagu yang kita anggap jelek, kita menyuruh otak untuk menghapus ingatan tentan lagu itu. Tapi yang terjadi justru sebaliknya. Semakin kita mencoba menghilangkan lagu itu, semakin lagu itu terus terngiang-ngiang di otak kita.

Penelitian lain menyebutkan kalau sindrom ini adalah cara yang sederhana untuk membuat otak kita tetap bekerja ketika kita tak melakukan apapun.

Kalau menurut saya, kenapa sebuah lagu bisa stuck in our brain.. karena lagu itu memiliki melodi yang mudah diikuti. Liriknya biasanya juga sederhana dan kena dengan apa yang tengah terjadi di hidup kita.

Misalnya lagu Armada tadi. Melodinya alay [sebenarnya lucu, tapi saya nggak mau mengakui kalau irama lagu itu lucu] dan sederhana. Kemudian liriknya kena banget sama situasi hidup saya saat itu. Makanya waktu itu saya terus menyanyikan lagu Cinta Itu Buta.

Coba deh kamu buka link cuplikan adegan Olive menyanyikan lagu Pocket Full of Sunshine di film Easy A. Does the song also get stuck in your brain?

Comments