Going Solo: Ke Jakarta Aku Kembali

Hari terakhir backpack saya malah terdampar di Pudu Sentral, Kuala Lumpur. Niatnya mau turun langsung di KL Sentral, supaya gampang ke LCCT. Tapi supir bus dari Penang menurunkan semua penumpang di  Pudu Sentral.

Jam lima pagi, di Pudu Sentral sudah banyak orang dari kota ini atau mungkin dari kota lain. Banyak yang mau melanjutkan perjalanan ke destinasi lain. Tapi, stasiun kereta dan terminal bis Pudu belum dibuka.

Hotel saya. eh maksudnyaTerminal bis Pudu Sentral
Orang-orang termasuk saya nggak bisa masuk stasiun untuk beristirahat. Terpaksa duduk-duduk di depan stasiun. Beberapa orang malah kembali tidur bersandar di tembok sembari memeluk erat tasnya.

Jam enam, akhirnya terminal dibuka. Saya langsung pilih satu kursi dan meletakan tas saya disamping kursi lainnya. Saya sandarkan kepala ke tas saya dan mulai tidur.
Tiga jam saya tidur di kursi. Badan jauh lebih segar dan siap menjelajahi daerah sekitar Pudu Sentral. Sebelum jalan-jalan, saya membersihkan diri. Nggak mandi ya, cuma ganti underwear, baju, cuci muka dan sikat gigi. 

Setelah cakep, saya jalan-jalan menyusuri Pudu Sentral. Ternyata nggak jauh dari Pudu ada Pasar Petaling Jaya.  baru sedikit pedagang yang buka lapak di situ. 

Salah satunya Pakci penjual kaos bergambar gimmick Malaysia. Saya tertarik untuk membeli dua kaos sebagai oleh-oleh. Lumayan murah pikir saya. 

Tapi setelah semua pedangan di jalan petaling gelar dagangannya barulah saya menyadari kalau kaos yang saya beli itu mahal. 

Huhuhu.. menyesal deh. Tapi nggak apa-apa, pelajaran untuk saya untuk membeli oleh-oleh lainnya. Muter-muter ke beberapa lapak untuk dapatkan harga paling murah. 

Semua oleh-oleh sudah dibeli dan puas menyaksikan pasar  yang lumayan terkenal ini, saya memutuskan untuk jalan-jalan di daerah sekitar Petaling.
Pasar kaget + barang bekas di sekitar Petaling
Saya mendapati Flea market, atau pasar barang bekas. Ramenya minta ampun. yang dijual pun beragam. Mulai dari sepatu, baju, kamera vintage, cincin sampai alat perkakas.

Nggak cuma orang lokal aja yang tertarik dengan Flea market ini. Banyak bule dan nonbule yang diduga wisatan ikut nongkorong nawar-nawar barang.

Saya sih cuma lihat-lihat. Nggak ada satu barangpun yang manggil-manggil minta saya beli.

Cari cincin kawin?? Kemarilah...
 Saya kembali ke Pudu Sentral, ke lantai empat untuk makan. Saya pilih makan nasi lemak, yang ternyata saudara-saudara, tak lebih dari sekedar nasi uduk.

Bedanya, kalau nasi lemak ada teri kacang dan sambal. Eh, saya suka banget sambalnya karena dicampur sama ikan teri. Enak banget.

Nasi Lemak berlauk telor ceplok
Waktunya ke KL Sentral. Saya agak parno nih kalau kelamaan di Pudu, bisa-bisa ketinggalan pesawat.

Naik LRT cuma sekitar 30 menit saya sudah sampai di KL Sentral. Saya berkeliling tempat ini untuk beli oleh-oleh. Kali ini oleh-olehnya makanan ya. Tapi saya nggak tahu apa yang khas dari Malaysia. Akhirnya ke satu minimarket dan beli kue-kue yang saya rasa nggak bisa ditemukan di Jakarta.

Karena waktu masih panjang, saya melipir ke McD untuk beli es krim Sunday. Eh niatnya sih mau internetan mau cek-cek email, soalnya selama di luar ini kartu saya matikan.

Awal-awal saya berniat pakai paket BlackBerry, tapi nggak sehari pulsa Rp100 ribu saya langsung habis. Kapok ah, mending jadi fakir wifi aja deh daripada pulsa ratusan ribu habis.
Kampung Burma
Lumayan lama lho duduk di McD sampai Makci-makcinya empet sama saya. Nggak dimana-mana ya McD selalu penuh. Apalagi di  stasiun ini, semua orang pengen makan di McD. Banyak yang nggak dapet kursi atau cabut nggak jadi makan karena nggak ada kursi kosong.

Dan akhirnya saya pun selesai internetan. Saya turun ke lantai basement naik bis menuju LCCT.
Bangunan unik di daerah Petaling

Nah, tumben banget nih, jalan menuju bandara macet. Ada apa gerangan? Oh ternyata lagi ada F1. Penumpang bis bandara juga banyak yang ternyata turun di pintu masuk sirkuit Sepang untuk menyaksikan pagelaran tahunan ngebut-ngebutan mobil ceper.

Pas di LCCT, saya kembali dibuat bingung! Apakah saya harus membayar pajak bandara? Kenapa saya panik, karena ringgit saya sudah menipis saudara-saudara.
Masjid Jamek

Kereta di Malaysia
 Dengan memanfaatkan fasilitas internet gratis di bandara, saya googling. Ternyata nggak ada pajak bandara. Alhamdulillah.  Sisa duit yang tinggal seupil itu saya pakai untuk makan junkfood. Hehehe..

Pukul 18.00 saya meninggalkan Malaysia. Ada perasaan sedih sih. Kurang puas apalagi dalam hal belanja, beli sepatu murah VNC.

Lain kali pasti saya kembali Malaysia.

Pengeluaran Hari Kelima:

Baju         : 15 RM
Pajangan  : 10 RM
Kaos        : 6 RM
Makan     : 4,8 RM
Tiket LRT:  2,5 RM
McD        : 3 RM
Oleh-oleh : 24 RM
Skybus     : 9 RM
Makan     : 11 RM
=============
Total         : 80,3 RM

Comments

  1. ternyata trip kita kurang lebih sama ya, saya juga selalu solo kalo travelling ke luar negeri, cuma itinerary kita agak beda, waktu itu saya dari penang ke KL naik bis yg jam 5 pm (5 sore), sampai puduraya jam 10 malam (10 pm), kalang kabut naik LRT ke KL sentral & setibanya di KL sentral dapat aerobus yang tengah malam ke LCCT (sepertinya yang terakhir). Saya harus buru2 ke LCCT karena penerbangan saya jam 7 pagi ke jakarta. makan malam, mandi & tidur saya lakukan di LCCT. BTW, Salam kenal ya

    ReplyDelete
  2. massss blog mu apakaaah?? jadi pengen baca solo versi mas fakhruddin..

    ReplyDelete
  3. ga punya blog he he adanya fb di Fakh Ruddin Muhammad (add ya) he he belum sempat bikin blog

    ReplyDelete

Post a Comment