E-Book

Beberapa waktu lalu, teman saya Nana cerita bagaimana sulitnya ia mencari buku bacaan untuk studi Master of Diplomacy. Ia sudah mencari ke sejumlah perpustakaan besar, namun buku-buku tersebut nggak berhasil ia temukan. 

Justru, di internetlah, Nana berhasil mendapatkan salinan buku tersebut. Yes,  buku yang ia cari ternyata bisa diunduh secara gratis di internet.

Gara-gara Nana, saya jadi kepincut untuk ikutan mencari Pdf buku-buku berbahasa Inggris di internet. Whalaa... sekalinya mencoba saya langsung mendapatkan buku yang saya inginkan. Fifty Shades of Grey

pic from here

Rrrr.. buku unduhan pertama saya adalah buku erotis. Sebenarnya saya memilih buku ini secara random. Jadi, buku ini sempat ramai dibicarakan di twitter. Nah, kebiasaan saya, kalau ada buku yang jadi bahan perbincangan dan sepertinya menarik, akan saya catat untuk kemudian dibeli (atau sekarang diunduh). 

Dan kayaknya saya lebih menikmati membaca e-book dibandingkan dengan memegang fisik si buku. Bukan karena gratisan, tapi saya nggak mesti bolak-balik buku. Tinggal scroll down saya untuk ke halaman selanjutnya. Saya bisa tuh berlama-lama di depan laptop (ya secara kerjaan saya memang seharian di depan laptop). Kemarin saja, saya bisa menghabiskan 100 halaman pertama Fifty Shades of Grey. Asyik banget untuk mengisi waktu luang saya di rumah yang sedang terkapar sakit.

Nah, sementara saya masih terlena dalam erotisme Christian Grey dan Anastasia Steele, saya mencoba mengunduh buku berikutnya. Dan pilihan jatuh kepada buku-buku karya Julian Barnes. Lagi-lagi buku ini hasil rekomendasi penulis sekaligus wartawan favorit saya, Mba Leila Chudori. Di Facebooknya, ia pernah mem-posting setumpuk buku karya Julian Barnes lengkap dengan caption: Heaven on Earth: Julian Barnes and I. Gimana saya nggak tertarik untuk baca coba??

Karya Julian Barnes yang bakal saya unduh untuk kali pertama adalah Love Etc. Pertimbangannya karena judulnya lucu dan ada kata "Love"- nya. Hahahahaa.... 

Nah, berikut buku Julian Barnes lainnya, yang kayaknya worth to read:
1. Love Etc
2. The Lemon Table
3. England, England
4.Talking it Over
5. Flaubert's Parrot

Eummm... mengunduh e-book secara gratis itu pembajakan karya cipta ya?

PS: Eh, lagi sakit jadi produktif nulis di blog :)

Comments