Apple Turnovers. Siapa Mau?

Hampir setiap hari menonton tayangan memasak baik di internet maupun di tv, saya jadi kepincut untuk mempraktekannya. Cuma, niatan itu selalu gagal karena berbagai asalan. Ya susahlah, bahannya nggak ada di Indonesia, nggak tahu cara pakai oven dsb.

Untungnya, supermarket kita saat ini mneyediakan semua kebutuhan memasak. Mau bumbu-bumbu khas Italia, ada. Bumbu masakan Korea juga ada. Pastry dough, puff puff, pizza dough juga ada!! Semuanya tersedia dan tinggal milih aja.

Setelah membuat Bibimbab ala-ala, beberapa waktu lalu saya berhasil membuat Apple Turnovers. Jujur ya, baru kali ini saya bangga dengan diri saya sendiri. Karena,  rasa Apple Turnoversnya ENAK BANGET!!!!

Niatan awalnya ingin membuat Apple Pie. Karena nggak berhasil menemukan adonan pie siap pakai, saya beli yang ada aja, yaitu puff pastry. Setelah membeli puff pastry  seharga Rp38 ribu isi empat lembar (750 gram), saya mikir, emangnya bisa bikin Apple Pie pakai puff pastry. Googling sana sini, ternyata bisa. Apple Pie yang dibuat dengan pastry puff itu namanya Apple Turnovers. Let's get cooking!

Dalam resep asli di sebuah video di youtube, satu lembar puff pastry dibagi menjadi empat. Buat saya, ukuran itu masih terlalu besar. Makanya, saya improvisasi dengan membuat Apple Turnovers bite size. Jadi, selembar pastry puff saya bagi menjadi sepuluh!

Mau tau cara bikinnya? Berikut resepnya.

Apple Turnovers buatan saya. Menggoda ya.



BAHAN:
1 lembar puff pastry
2 buah Apel Malang. 1 diparut dan satunya lagi dipotong dadu (kulit sengaja nggak saya kupas untuk memberikan tekstur crunchy)
1 butir telur
Butter secukupnya
Gula secukupnya
Garam Sucukupnya
Kayu manis bubuk secukupnya

CARA MEMBUAT:
1. Tumis apel parut dan apel yang sudah dipotong dadu dengan butter.
2. Masukan gula, garam dan kayu manis bubuk sesuai selera. Aduk hingga apel layu. Angkat dan dinginkan
3. Taburi talenan dengan tepung terigu. Letakan puff pastry  dan gulung hingga tipis. Sebelum menggulung, jangan lupa untuk kembali menaburkan terigu agar tidak lengket.
4. Masukan adonan apel  ke tiap lembaran dan rekatkan kedua sisi dengan air. Agar lebih merekat, tekan ujung-ujungnya menggunakan garpu.
5. Oleskan bagian ataas dengan telur yang sudah dikocok.
6. Taburi Appel Turnover dengan campuran gula pasir dan bubuk kayu manis.
7. Siapkan oven, suhu 200 derajat celius. Panggang Apple Turnovers selama 30 menit atau hingga kecoklatan.
Fillingnya memang seupil, tapi kaya rasa!!! 

Kunci dari kelezatan Apple Turnovers adalah apel parut dan butter. Keberadaan apel parut mengikat aroma dan rasa butter.

Saya bawa si Apple Turnovers ke kantor untuk dicicipi teman-teman saya. Responnya positif banget. Semua suka dan memuji rasanya. Nah, orang rumah juga suka lho.

Seneng deh kalau masak ada yang mengapresiasi.

Selamat mencoba resep ini!!

Kiky

Comments