Digombalin Ikan Asap


Sebagai wanita yang mempunyai darah Sumatera, saya seneng banget dengan ikan asap. Di kampung bapak saya di Pekan Baru, ikan asap disebut sebagai ikan salai. Biasanya diolah menjadi ikan salai balado atau di gulai pedas. Jujur ya, baik balado maupun gulai pedasnya, luar biasa nikmat!

Terdapat banyak varian ikan salai. Ada yang terbuat dari ikan lele, ikan gabung, ikan pari dan ikan-ikan lainnya. Kalau jenis ikan salai lele, terutama untuk yang berukuran kecil paling nikmat dibalado. Dari buntut sampai kepala semuanya bisa dikonsumsi. Nah, kalau ikan yang ukurannya lebih besar dan lebih banyak dagingnya, paling enak digulai. Ingat, gulainya harus pedas.Kalau nggak pedas, nggak nikmat.

Apa yang membuat ikan salai enak banget? Kalau yang udah pernah nyoba pasti tau jawabannya. Buat yang nggak tahu, ikan salai dengan aroma asap yang pekat ini menambah citarasa. Kalau digoreng, membuat minyaknya jadi harum dan berasa asap. Begitu juga pas digulai, kuah yang pedas plus aroma asap nge-blend sempurna. Heaven banget. Suka lupa diri kalau dimasakin ini sama si Ibu.

Selama ini, konsumsi ikan salai cuma buatan si Ibu. Tapi sekarang, tepatnya di Bandung ada warung kecil yang khusus menjual makanan dengan lauk ikan asap!!! Namanya Gombal Asap, kepanjangan dari seGO saMBAL ikan ASAP.


Sebagaimana namanya, Gombal Asap menyajikan menu bak pecel ayam. Nasi putih hangat (kalau weekend nasi liwet lho), lalapan, sambal dan berbagai pilihan ikan asap yang digoreng.

Dua kali ke sana, pilihan saya selalu jatuh pada ikan pari asap. Kenapa saya pilih ikan pari? Karena dagingnya lembut dan tulangnya bisa dimakan. Karena namanya ikan asap, ya jadi ada rasa asapnya. Kalau ikan asap dari Pekan Baru kan bentuknya ikan kering, jadi berasa banget aroma asapnya. Nah, kalau di Gombal Asap, aroma asapnya standar. Tapi cukuplah mengobati kerinduan saya akan ikan asap.
Ikan pari asap, nasi liwet dan sambal bawang. Endess!! 

Selain ikan asapnya yang juara, Gombal Asap juga punya sambal yang nikmat. Pilihannya banyak, ada sambal bawang, sambal matah sampai sambal mangga. Lebih spesial, karena semua sambal dibuat segera setelah kita melakukan pemesanan. Jadi rasanya seger banget.


Yang paling juara dari Gombal Asap adalah pemiliknya. Pasangan suami istri, dipanggilnya Ibu Gombal dan Bapak Gombal. Ibu Gombal ini seru abissss orangnya. Ceriwis bin sinis. Seru banget lah kalau lagi makan ditemenin celotehan Ibu Gombal yang dulu pernah bisnis pakaian.
Ini dia si Ibu Gombal

Selain jualan untuk mencari nafkah (hmmm... kalo Bu Gombal baca pasti ditimpali, kita jualan cuma buat iseng-iseng aja), Gombal Asap ingin mengajak masyarakat untuk konsumsi ikan tinimbang daging merah. Makanya, mereka pernah bikin satu gerakan dan tagar #MariMakanIkan. Saat gerakan ini berlangsung, setiap anak yang makan di Gombal Asap akan bawa pulang gantungan kunci rajut bentuk ikan pari karya Mba Upi. Mulia banget kan mereka ya!

Kalau mau ke Gombal ASAP, ini alamatnya: Jalan Taman Cibeunying Selatan No.33, Kota Bandung, Jawa Barat 40114.

Comments