Kabar Dari Kiky


Been a while!! Susah banget berkomitmen untuk melanjutkan bercerita tentang Eurotrip saya Februari lalu. Alasan lainnya, karena saya sedang mengajukan cerita saya di Eropa ke media. Jadi kalau pengalaman saya semua di share di blog, mereka akan meragukan originalitasnya.

Karena harus embargo cerita-cerita seru nan berkesan di Eropa, izinkan saya untuk update kehidupan terbaru. Setelah menjadi freelance selama sekian lama, saya akhirnya bekerja fulltime. Terima kasih kepada kawan saya yang sudah melempar pekerjaan ini ke saya.

Penasaran nggak sih sekarang saya ngerjain apa? Saya kembali masuk ke dunia media. Bedanya, kalau dulu saya berjibaku di lapangan (ah, saya kangen liputan), sekarang saya dikurung di dalam kantor. Kerjaannya masih menulis juga dan satu dua kali dikirim ke lapangan. Ya.. sedikit mengobati kerinduan saya terhadap kegiatan sebagai jurnalis dulu.

Saya bekera sebagai copywriter/ content writer untuk sebuah media yang berlokasi di Buncit. Sebagai seorang copywriter, tugas saya ya menulis. Bedanya, tulisan kali ini adalah iklan alias advetorial. Alih-alih  menjadi bagian redaksi, saya berada di bawah tim marketing.

Di pekan kedua mendapat tugas untuk live report pelunuran OPPO F1s. Saya nggak nulis cuma foto. Lumayan lho foto-foto saya tayang di CNNIndonesia. Bisa buat portfolio. Ini linknya: http://www.cnnindonesia.com/teknologi/20160803000000-303-148652/peluncuran-oppo-f1s-the-new-selfie-expert/

Hari ini adalah hari kesebelas saya bekerja. Ada yang menyenangkan ada yang agak menyebalkan. Mari bahas hal yang menyenangkan terlebih dahulu. Pertama dan yang paling penting adalah bos saya ganteng (walaupun kata teman-teman saya nggak ganteng). Masih muda (kayaknya) dan orangnya sejauh ini asyik. Dia terbuka sekali dengan ide-ide yang saya berikan. Ybs bahkan mengikutsertakan saya dalam pembahasan ide konten untuk iklan. Alhamdulillah ya sudah dikasih kepercayaan.

Selain bos ganteng dan asyik, saya juga punya tim yang lucu. Dedek-dedek unyu, namanya Raras dan Suci. Nggak perlu waktu lama buat saya nge-blend dengan dua anak ini. Kami sering makan siang bareng, shalat bareng dan pulang bareng. Dan spesial buat Raras, she helps me alot to understand everything. And Suci, she has everything that I need to know about this office. She is a valuable source. She knows what happens here. Once again, I praise God for giving me them. 

Teman-teman lainnya di lantai tiga juga menyenangkan. Seminggu pertama di sini, saya  sudah menyaksikan kegilaan mereka. Merayakan ulang tahun seseorang dengan cara yang gila, membicarakan hal-hal vulgar dan sebagainya. Persis seperti di KPK dulu!!

Kalau urusan pekerjaan, jujur ya, tidak terlalu sibuk seperti di redaksi dulu. I spend most of my time to read, chat dan watch youtube. Sistem kerjanya berbeda dengan di redaksi. Kalau di sini, kami menunggu permintaan pembuatan artikel dari tim AE. Setelah artikel jadi, dikirimkan ke klien untuk direvisi. Dalam sehari, paling ada tiga hingga empat permintaan.

Nah, sekarang bagian yang tidak menyenangkan. Tidak ada byline. Ya iyalah nggak ada pencantuman nama penulis, karena bahannya mostly berasal dari klien. Kedua, dealing with klien is quite challenging! Sebagai copywriter harus sabar-sabar menghadapi klien dengan segala permintaannya.

Lalu, permintaan untuk membuat advetorial nggak hanya datang di hari kerja. Terkadang ada saja permintaan di akhir pekan. Huhuh syedih ya. Tapi I don't mind karena request di hari Sabtu dan Minggu itu jarang banget terjadi. Hihihi..

Oh ya, dunia baru ini lumayan menarik sih. Ladang pembelajaran baru buat saya. Doakan semoga kerjaan saya di sini lancar-lancar aja.

Sekian.

Kiky

Comments