first day fasting


buka puasa @ KPK dengan menu seadanya: sop buah + gorengan
Mba santie, Putri, Aco dan Eddy menikmati hidangan buka puasa di ruang tunggu KPK

Di hari pertama tapi ga puasa. Yup, terpaksa banget gw ga harus membatalkan puasa hari pertama gw. Bukan karena laper atau haus. Tapi karena si bulan ngapel alias dateng bulan. Dan gw udah insting kalo gw ga bakal bisa puasa di hari pertama bulan suci ramadhan ini.

kemarin malam, saat pulang kerja, badan remuk dan gw langsung tidur. Dalam hati diniatin mau bangun dua jam sebelum sahur supaya bisa solat tarawih. Alhamdulillah kebangun lah gw pada pukul dua teng dengan suasana kamar sangat gelap. Waks.. ternyata mati lampu. Sh*t, gw bete sendiri, kesel dan akhirnya memutuskan untuk tidur lagi. Pas bangun, 30 menit sebelum imsyak, gw kesulitan makan gara-gara sariawan di lidah. Lalu, sebelum semenit sebelum imsyak gw muntah karena ga bisa minum vitamin yang dibeliin bokap semalem. Padahal gw minum vitamin itu pake nasi yang udah dikunyah, tapi tetap aja ga berhasil ketelan dan malam muntah.

Untung, setelah dicoba dua kali, akhirnya si Bion 3 itu berhasil masuk perut. Imsyak diumumkan, dan Adzan subuh berkumandang. Bukannya siap-siap solah subuh, gw malah ketiduran sampai jam setengah delapan pagi.

Oke, solah teraweh kelewatan, solat subuh pun diskip. Waks.. manusia macam apa gw ini? Ya udah ya.. nanti dzuhur solat! Pasti. Gw pun berangkat ke KPK dalam keadaan lemas. Sampai di KPK diajakin becanda sama temen gw cuma bisa nanggepin dengan ngomong kumur-kumur ga jelas. Atau kadang cuma senyum aja. Abis kalo ngomong sakiiiiiiiiiiit!!

Nah, pas pukul dua, gw mau ambil wudu untuk solat dzuhur. Di bawah sana, saya udah merasa becek. Perutpun terasa sakit dan payudara saya juga. Pas dicek.. eng ing eng.. ternyata si Bulan datang di hari pertama puasa. Saya nyengir sinis. Hoh.. ternyata kejadian semalam sampai siang tadi itu pertanda kalau saya mau menstruasi.

Gw ga bilang ke anak-anak (kolega saya di KPK) kalo gw batal gara-gara dateng bulan. Gw tetap berpuasa sampai magrib. Tapi karena saking lemesnya, akhirnya gw ngacir ke samping, beli es tea. Alhamdulillah abis itu seger dan bisa menjalani aktivitas secara normal.

Menjelang buka puasa, gw ikut ingar bingar anak-anak yang mempersiapkan hidangan buka puasa. Gw ikutan beli sop buah dan gorengan. Dan kocaknya gw agak shock waktu minta bumbu kacang untuk gorengan yang gw beli, gw disuruh bayar seribu lagi. Waks.. sejak kapan bumbu kacang teman cocolan gorengan dijual terpisah. Haduuuuh.. geleng-geleng sendiri gw.

Dug Dug Dug.. alhamdulillah buka puasa. Akhirnya bisa minum sepuas-puasnya tanpa harus sembunyi dari anak-anak. Makan gorengan, saking kalapnya gw ampe ngabisin gorengan punya Putri. Hwaa.. gw yang ga puasa kok, gw ya yang makannya banyak?

Intinya hari pertama puasa begitu berwarna. Apalagi dinikmati atau dijalani dengan orang-orang yang baru gw kenal. Dan gw menikmati saat-saat kami menikmati berbuka puasa bersama.

Penasaran besok ada cerita apa di hari kedua puasa?

Comments