Ketika Bakso Berkuah Garang Asem

Saya kembali dengan review tempat makan. Akhir-akhir ini lagi semangat mengisi blog karena permintaan menulis/ngedit yang sepi. Makanya, biar nggak basi-basi amat, saya ngeblog aja. Siapa tahu.. bisa jadi food blogger beneran (AMINNNN)!!!

Kafe/warung/restoran yang sangat beruntung karena di-review di blog saya adalah BABON alias Baso Bonat. Buat teman-teman saya di KPK atau rekan sesama jurnalis pasti tahu tentang baso ini. Kenapa demikian? Karena baso ini adalah usaha milik kawan kami bernama Bonat (yup, itu makanya baso ini dinamakan Baso Bonat).
Semangkok Baso kuah Garang Asem BABON
Terletak di Jl. Bangunan Barat, Kayu Putih, baso ini menyuguhkan sesuatu yang beda. Kalau baso-baso lainnya berinovasi sekedar mengubah bentuk (entah itu memperbesar, membuat jadi kotak atau gepeng) atau menambahkan isian berupa abe rawit, keju (atau yang lebih revolusioner, mungkin bisa dicoba dikasih green tea. Konon apapun yang dikasih green tea laku kak!!). BABON beda sis!!!

Apa bedanya?????? Kuahnya (pas nulis ini saya langsung nelen ludah mengingat kesegaran dan kenikmatan kuahnya)!!! Kuahnya dari apa sih?? Penasaran?

GARANG ASEM. Jadi, BABON memiliki keistimewaan berupa pengunana kuah garang asam. Bayangin guys, baso yang biasanya berkuah kaldu sapi, diganti jadi garang asem!! Suegeeer parah!!!!  Dari warna kuahnya yang kuning kecoklatan, seolah memanggil-manggil kita untuk segera menyeruput kuah seger ini.

Pekan lalu, sehabis main ke Sunter (Hallo warga Sunter!!), saya sempatkan main ke warung BABON. Warungnya sederhana, seperti warung baso pada umumnya. Tapi don't judge a baso  by its store!! Big NO NO!! Jangan sis!!! Jangan!! Nilai dari kenikmatan semangkuk baso seharga Rp14 ribu ini.

Waktu saya datang, kawan saya sis Imel udah asyik makan sampai telepon saya di-reject mulu. Bonat yang turun langsung melayani pelanggannya segera menyiapkan pesanan saya. Semangkuk baso kuah garang asem.
KPK Besties. Si Imel dan Bonat
Dalam mangkok putih legendaris bergambar ayam, tersaji 3 buah baso masing-masing berdiameter 8 cm, 6 cm dan 4 cm (Ini cuma perkiraan saya ya). Nggak cuma baso, ada dua ceker ayam (atau tulang ayam, sesuai selera) yang seolah melambai-lambai sambil berkata: Eat me!!!!

Di bawah baso dan ceker ayam, ada kol dan tauge (atau mie sesuai permintaan) yang dimasak setengah matang oleh kuah garang asem. Jangan lupa bawang goreng yang menyempurnakan rasa baso ini.

Rasa si kuah garang asem begitu seger sehingga sebenarnya nggak perlu lagi ditambahin perasan jeruk nipis. Mau pedas, tinggal tambah saus. Ada juga kecap  buat mereka yang menginginkan sedikit rasa manis di kuah garang asem.

Hal pertama yang saya lakukan ketika si mangkok baso itu mendarat di meja adalah menyeruput kuahnya. Sluuurrrrppp!!! Sis Bonat, sunggguh sangat pandai dalam masak-memasak! Salut!!


Enak banget deh si BABON ini, sampai saya bungkus untuk Ibu saya. Kebetulan ybs lagi nggak enak badan dan baso ini rasanya bisa jadi "obat" yang bikin dia kembali seger. Dan benar aja dong, waktu diangetin dan disajiin, beliau sepakat dengan saya. SEGER banget!! Beda dari baso kebanyakan!!! Ibu betul-betul menikmati paduan baso, ceker, sayuran dan kuahnya.

Si Babeh yang memang agak anti sama makanan jalanan, juga suka. Sebenarnya, Babeh dari lama suka sama baso buatan Bonat. Dulu, sebelum Bonat memutuskan untuk membuka warung, ia sudah menjual basonya. Dan Babeh mengakui kalau baso homemade Bonat ini enak. Terbuat dari 100 persen daging tanpa dicampur lemak. Gurihnya juga pas. Juara deh!!

Saya ngarep banget si Bonat segera daftarin BABON ke GoFood biar makin gampang ordernya. Jauh ya boook kalo dari Jagakarsa atau Buncit!

Oh ya, review saya ini objektif. Bukan lantaran Bonat teman saya, trus reviewnya dibagus-bagusin. No!! Kalau memang enak, ya saya harus tulis enak dong.

Sebenarnya saya sedih nulis beginian. Karena saya seolah ditampar. Banyak teman-teman saya yang satu langkah maju, berani ambil resiko untuk menjalankan bisnisnya. Tanpa banyak pertimbangan ini itu, langsung jalan aja.  Dan rupanya berhasil. FYI, BABON  terjual minimal 50 mangkok sehari. Kemarin saya dapat info, BABON berhasil pecah telor mencapai 100 mangkok per hari. Awesome banget emang teman saya itu.

Saya berasaaaa ditampar nggak sih!! Bangun wooi. Banguuun. Ayo segera wujudkan mimpi!!


Oiya, yang mau tahu info tentang BABON, cek IG: @Nattbo24

Comments

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete

Post a Comment