Telor Dadar Bule Bernama Quiche


Pasca posting tentang vegetables Pastry Cup di Path, Anda Puding Mocca menantang saya untuk membuat quiche. Jadi ya, ada cerita lucu tentang quiche ini. Waktu saya di Belanda, Anda dan Dain ngomongin betapa enaknya quiche. Karena dilafalkan "kis" saya sama sekali nggak ngerti maksud pembicaraan mereka.

Akhirnya saya ngerti setelah Anda membeli quiche saat kami break makan siang usai berkeliling Museum Louvre (SUOMBOOONG bangeeet gw!!). Anda membeli quiche  yang isinya bayam dan keju. Waktu nyoba, enak sih. Tapi begitu si keju kambingnya kegigit, ternyata nggak enaaaaaaaaak!! Goat cheese-nya ya yang nggak enak. Kalau kulit dan bayamnya enak.

Bagi Anda, pembaca setia blog saya yang masih nggak tahu quiche kayak gimana bentuknya? Jadi quiche itu pie asin. Isinya bisa macem-macem terserah kalian. Mau diisi apapun bebas.

Karena kemampuan memasak masih SANGAT TERBATAS dan belum berani bikin kulit pie sendiri, jadinya saya cari resep yang nggak nggak pake begituan. Dan hebatnya nemu lho. Terima kasih Youtube!!

Resepnya dari sini. Nggak cuma dapet resep, saya juga terhibur dengan narasi dari Chef John. Sumpah kocak banget parah. Nama makanannya Potato Chorizo (sosis spanyol) Mini Quiches. Karena nggak ada chorizo, makanya saya improvisasi. Saya ganti si chorizo dengan ayam potong dadu dan bayam.

BAHAN:
1 ikat bayam, rebus dan cacah kasar
1/2 daging dada ayam
1 buah kentang potong dadu kecil
3 butir telur, kocok lepas.
Mentega/butter secukupnya
Keju cheddar parut secukupnya.
Sejumput gula
Sejumput garam
Sejumput lada

CARA MEMBUAT:
1. Tumis bayam, kentang dan daging ayam dengan api kecil hingga lunak dan matang. Tambahkan garam, gula dan lada.
2. Siapkan cetakan bulat (muffin), olesi dengan mentega/butter. Taburkan sedikit keju.
3. Ambil sesendok isian dan masukan ke cetakan bulat (muffin) yang sudah diolesi butter.
4. Kocok lepas 3 butir telur dan tambahkan garam dan lada.
5. Tuang telur hingga memenuhi cetakan.
6. Panaskan oven 200 derajat celcius dan panggang selama 25 menit atau hingga mengembang.
7. Angkat dan sajikan untuk sembilan orang.

Kalau dilihat dari bahan-bahannya dan kemudian dirasakan produk akhirnya, Potato Spinach Mini Quiches ini sama saja kayak telor dadar yang dipanggang. Tapi lebih enak sih dan nggak berminyak. Nikmat pokoknya.

Selamat mencoba (kalau ada yang mau coba sih)!


Comments